3 Manfaat Hujan Bagi Tubuh

Manfaat Hujan Hujanan Bagi Tubuh

Apakah ada diantara anda yang ketika turun hujan deras, langsung berlari menuju kamar, menarik selimut, dan tersenyum dalam damai? Tidur….

Sampai saat ini (menurut saya), tidur ketika saat hujan turun memang adalah pilihan terbaik. Pilihan untuk berdamai dengan hati dan pikiran yang merengek untuk segera merebahkan diri diatas kasur. Namun seharusnya anda juga tahu, bahwa saat hujan turun adalah saat-saat terbaik untuk…..tidur.

Bukan, mosok tidur lagi. Kalau dalam agama saya, saat hujan turun adalah saat terbaik untuk berdoa. Bagi anda yang seagama dengan saya, yang bersujud ke arah Ka’bah, silahkan dicoba untuk perbanyak berdoa ketika hujan turun. Tetapi dalam tulisan ini saya tak akan menuliskan mengenai berdoa ketika hujan, namun manfaat hujan-hujanan bagi tubuh.

Manfaat hujan-hujanan

Hujan memiliki banyak manfaat, selain tentu saja melahirkan banyak puisi. Eh maaf, maksud saya menyuburkan tanah. Kalau hujan melahirkan puisi, tentu saja itu hanya untuk manusia-manusia melow galauw.

Selain menyuburkan tanah dan membuat banjir Jakarta, hujan memiliki manfaat yang baik bagi anda. Salah satunya, hemat air. Silahkan bawa sampo dan sabun ke halaman ketika hujan deras turun, dan kemudian silahkan melakukan ritual mandi. Anda akan menghemat tagihan air maupun tagihan listrik. Silahkan dicoba.

Menurut sebuah studi dari MIT yang diterbitkan melalui sebuah jurnal, dilansir oleh Okezone, bahwa udara benar-benar bersih selama dan setelah hujan. Oleh karena itu, waktu hujan turun disudut gelap mataku, begitu derasnya, kan kucoba bertahan, alangkah lebih baik untuk duduk di luar rumah. Menikmati setiap bulir tetes yang turun, menyesap udara sebanyak-banyaknya untuk memenuhi paru-paru.

Akan lebih baik lagi jika dalam sekali waktu, anda turun ke halaman, dan hujan-hujanan…

Manfaat hujan-hujanan bagi tubuh

Tak usah terlalu berpanjang lebar, mari langsung saja kita bahas satu per satu, manfaat apa dari hujan yang bisa ia berikan pada tubuh kita selain menghujamkan sejuta kenangan. Selain bahwa ia bisa membuat kita menangis tersedu dipojokan, teringat saat ketika banyak diskon, dan kita tak mempunyai uang.

1.Menenangkan pikiran

Katanya manfaat bagi tubuh, kok malah sampai ke pikiran?

Ya kalau pikiranmu kacau, tentu saja tubuhmu juga akan menjadi tak sehat, mblo!!!

Belum tentu masnya, ODGJ [Orang Dengan Gangguan Jiwa] itu pikirannya kacau, tapi tubuhnya sehat. Terbukti mereka mampu dan kuat berjalan kesana kemari, tanpa terlihat mempunyai beban???

Eeeemmmmm, mau po jadi ODGJ???

Hujan deras yang turun, dalam rintik yang turun dengan kecepatan tinggi dan volume yang rapat, akan membuat pikiran kita menjadi rileks dan santai. Dengan catatan bahwa saya asumsikan anda sudah turun hujan-hujanan, bukan hanya melihatnya. Bulir-bulir air hujan yang mengenai kepala dan kulit tubuh kita akan memberikan efek relaksasi, dan secara langsung akan memberikan sinyal kepada pikiran untuk mengendap dan meletakkan semua masalah dan beban.

Mudah dan murah bukan, daripada anda harus membayar mahal untuk pergi ke psikolog atau ke psikiater.

Berada di tengah guyuran deras hujan, akan menguatkan mental dan pikiran anda, untuk tak mudah menyerah menghadapi segala ujian dan cobaan. Semua masalah pada akhirnya akan berlalu pergi, seperti air hujan yang turun dan mengalir ke sungai-sungai, atau meresap ke dalam pori-pori bumi. Semua akan berlalu, maka tak ada yang perlu dirisaukan.

Cobalah untuk berjalan dalam jarak yang dekat, dalam langkah yang pelan, dengan sesekali memejamkan mata. Nikmati setiap tetes yang mengenai tubuh atau kulit, resapi setiap basah yang memeluk anda. Akan anda temukan kedamaian dan ketenangan.

Jika hujan tetap tak bisa membuat pikiran anda menjadi rileks, santai dan tenang, mungkin anda perlu mengecek isi dompet atau saldo rekening anda.

2.Kelembapan yang baik untuk kulit tubuh

Bagi anda yang bermimpi untuk mendapatkan kulit halus serta lembut, namun bermasalah dengan biaya salon kecantikan, maka hujan-hujanan bisa anda coba sebagai solusi jitu.

Hujan mengandung zat alkali, yang akan menutrisi kulit dan rambut anda. Zat alkali dari hujan akan menetralisir kelebihan zat asam dalam tubuh anda, dan mengembalikan kadar pH pada kondisi ideal.

Ketika anda sering merasa lelah, dan kemudian merasa bahwa kulit kemudian menjadi kering, itu karena kadar asam dalam tubuh anda sudah terlalu tinggi. Dikarenakan tekanan dan beban hidup, yang memicu tingkat asam naik secara signifikan di dalam tubuh. Maka ada pepatah Jawa, “urip kok kecut” [hidup kok asem/tidak enak]. Nah, itu karena kadar asam dalam tubuh anda sudah terlampau tinggi.

Maka hujan bisa menetralisir dan mengembalikan keseimbangan kadar asam dalam tubuh anda. Menambahkan kadar basa yang akan membuat tubuh anda kembali segar, kulit menjadi lembab, dan tentu saja menjadi lebih halus.

Bagaimana? Jauh lebih hemat dan mudah kan daripada harus ke salon kecantikan?

Tetapi kalau anda mempunyai uang berlebih, saya sarankan memang untuk menghaluskan kulit dan menjaga kecantikannya, anda harus ke salon. Tetapi lebih baik lagi jika mengkombinasikan keduanya. Ya ke salon, ya hujan-hujanan.

Kasihan juga kan kalau salon-salon kecantikan tidak laku?

3.Membakar kalori lebih banyak

Bagi anda yang bercita-cita mempunyai tubuh ramping ideal tetapi hobi makan-makan, maka silahkan berolahraga di tengah guyuran air hujan.

Bisa dengan berlari-lari kecil, atau sekadar berjalan-jalan.

Tubuh kita akan merespon proses pembakaran kalori dengan lebih baik ketika hujan turun. Dengan catatan itu tadi, anda harus hujan-hujanan.

Para peneliti di Jepang pernah mengungkapkannya dalam sebuah jurnal yang berjudul “International Journal Of Sports Medicine”, bahwa berolahraga di tengah guyuran hujan akan membakar kalori lebih banyak. Lebih banyak daripada ketika kita berolahraga dalam kondisi cuaca yang biasa saja atau cerah.

Perihal dampaknya bagi masing-masing orang yang tentu saja berbeda, saya sarankan anda untuk mencobanya. Toh tak ada ruginya. Saya sendiri sering melakukan hal itu [berolahraga], ketika hujan turun. Stamina terasa tak kunjung habis. Dan oleh karena itu tentu saja kita bisa melakukan olahraga dalam durasi waktu yang lebih lama.

Hanya saja saya sarankan untuk melakukan olahraga yang tak membutuhkan alat. Bisa senam standar saja, push up, squat, dan yang lainnya. Jangan melakukan olahraga catur dibawah guyuran deras air hujan, apalagi melakukan esport. Bisa kesetrum nanti.

***

Bagaimana? Cukup berguna informasi ini bagi anda?

Saya sendiri sudah semenjak lebih dari lima belas tahun yang lalu, sering hujan-hujanan. Dalam artian sengaja menempatkan diri ditengah guyuran air hujan, ketika hujan deras sedang turun. Hanya saja pada awalnya dulu, saya sempat dianggap gila oleh beberapa orang tetangga.

Beberapa tetangga menganggap saya gila karena berjalan sendiria di tengah hujan deras. Saya merespon anggapan itu dengan berjoget dan menari. Dan tetangga-tetangga saya semakin menahbiskan bahwa saya memang sudah gila. Tapi tak mengapa, toh beberapa orang sukses banyak yang pada awalnya dianggap gila.

Oh iya satu lagi manfaat hujan-hujanan. Ia bisa mendekatkan anda pada anak-anak. Bagi anda yang merasa bermasalah ketika berhubungan dengan anak-anak, silahkan coba untuk mengajak mereka bermain air hujan. Seperti dalam catatan saya ini.

Tetapi waktu itu saya bermain hujan dengan anak-anak bukan karena saya kurang dekat dengan mereka. Saya cukup dekat dengan anak-anak. Tetapi saya mempunyai niat tersembunyi waktu itu, bahwa kelak mereka yang hujan-hujanan bersama saya itu, akan menjadi pendukung utama ketika…..saya mencalonkan diri sebagai anggota DPR atau Presiden.

Salam.

Latest posts by Anang Aji Guritna (see all)

11 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *