Akhir Pekan Bersama Buku : Kamera DSLR Itu Mudah, Enche Tjin

Jika anda memutuskan untuk mulai mempelajari fotografi, baik sekadar hobi atau akan dijadikan sebagai suatu profesi, tentunya anda juga sudah membeli sebentuk kamera. Mengenai pilih memilih kamera, saya pernah menuliskannnya pada tips memilih kamera bagi pemula.

Terkait tulisan kali ini, saya asumsikan bahwa anda membeli kamera DSLR, entah apapun merk dan tipenya. Maka kemudian anda akan mulai belajar menggunakannya bukan?
Bagi pemula yang benar-benar awam mengenai kamera [termasuk saya], DSLR itu sulit bukan main. Tombol-tombolnya sangat banyak, istilah huruf dan angka-angkanya juga membingungkan. Tetapi bagi yang pernah menggunakan kamera compact, tak terlampau berbeda cara penggunaan kamera serta istilah-istilah yang ada dalam aktifitas mengabadikan cahaya itu.

Tak ada salahnya saya sarankan buku ini bagi anda, yang ingin lebih memahami kamera DSLR, dan bagaimana agar tangan anda mampu menghasilkan gambar-gambar yang baik, tajam, serta menawan.

“A man behind the gun.”
Bukan tentang jenis senjata, tetapi tentang siapa yang menggunakannya.

Jangan tergesa, sebelum anda mulai bermimpi dapat menghasilkan gambar-gambar bagus dan menawan, anda harus memahami dulu apa itu exposure, aperture, shutter speed, ISO, dan masih banyak lagi istilah lainnya. Istilah-istilah itu adalah kunci dari kamera, pokok dari aktifitas fotografi.

Hhmmm….sudah mirip profesional belum? Ahahaha….

Untuk dapat dengan cepat memahami hal-hal tersebut, saya tidak dapat menyarankan solusi yang lebih baik, selain membaca buku ini.
Mungkin memang ada buku-buku sejenis yang lebih tebal, dan mungkin terlihat meyakinkan untuk dijadikan suatu rujukan. Tetapi buku ini, berisi lebih daripada yang dapat anda bayangkan.

Buku ini sangat teknikal, langsung menuntun kita pada hal-hal praktis mengenai kamera, dan mengajak kita segera mempraktekkannya. Tidak banyak bertele-tele, dan setiap penjelasan dilengkapi dengan ilustrasi yang membantu memahamkan.

Jika ada buku sejenis yang lebih baik, mungkin keterbatasan saya yang kurang begitu banyak membaca. Mohon dimaafkan.

Praktisi fotografi

Buku ini ditulis oleh Enche Tjin, seorang fotografer kawakan Indonesia, praktisi fotografi yang tak perlu lagi diragukan kemampuannya.

Dia saat ini adalah salah satu dari Brand Ambassador Leica Indonesia. Leica adalah merk kamera ternama dan legendaris di dunia. Dan bukan fotografer sembarangan yang bisa menjadi salah satu dutanya.

Karena buku ini ditulis oleh seorang praktisi yang lebih banyak bergelut langsung dengan kamera dan fotografi, serta tak hanya banyak berteori, maka saya berani menyarankan buku ini untuk dapat anda jadikan rujukan belajar.

Mulai dari pengaturan ISO, bukaan lensa, kecepatan tangkap, dan juga penggunaan flash, dapat anda temukan dalam buku ini. Bahkan disertai juga dengan contoh hasil foto dalam berbagai pengaturan, dengan cetakan berwarna.

Misalnya saja tentang bagaimana membuat foto yang tajam pada obyek utama, namun blur atau tercipta bokeh pada latar belakangnya. Dapat anda temukan contoh dan caranya dalam buku ini.

Buku ini dulu saya membelinya langsung dari blog yang dikelola penulis. Dulu dalam blognya tersedia link atau tautan menuju lapak tokonya. Terakhir saya cek, lapak di blognya sudah tidak ada, namun berganti.
Berganti ikut pada suatu lapak online.

Blog dari Enche dapat anda akses pada infofotografi.

Belajar fotografi

Untuk dapat menghasilkan foto-foto yang bagus, minimal bagus ketika kita melihatnya sendiri, perlu banyak belajar. Apalagi jika kita sering mengunggah cerita dan foto keseharian kita, di media sosial. Percayalah, belajar mengambil foto dengan kamera DSLR, jauh lebih menyenangkan. Paling tidak, ada kualitas lebih yang bisa kita bagikan. Bukan asal foto narsis dan sekenanya.

Tetapi tak bisa seketika dalam hitungan hari kita akan menjadi ahli dan bisa mengambil foto dalam kualitas baik. Kecuali bagi orang-orang luar biasa dengan talenta di luar kewajaran manusia biasa.

Perlu kemauan dan disiplin, lebih dari sekadar nafsu untuk langsung bisa lihai memainkan kamera.

Jangan khawatir, buku ini benar-benar berisi teknis penggunaan sebuah kamera DSLR, dan juga dasar-dasar mengenai pengambilan sebuah foto atau gambar. Anda tak akan bingung dengan penjelasan di dalamnya.

Kenapa saya begitu yakin?
Ya karena saya menggunakan buku ini sebagai kitab pegangan utama ketika berusaha memahami kamera yang saya punya.

Mumpung akhir pekan, tak ada salahnya untuk membaca buku ini. Agar ilmunya bisa segera dipakai, pada pekan berikutnya.

Terkadang bosan juga dong, hasil foto kita yang terlihat bagus di layar kecil, hape misalnya, ternyata tak cukup bagus ketika dilihat dalam layar yang berukuran lebih besar, atau dicetak dalam ukuran cukup besar.

Percayalah, fotografi adalah pekerjaan masa depan.
Belajar saat ini, untuk dapat menikmati hasilnya pada waktu-waktu ke depan, pada penggalan waktu yang akan datang.

Selamat membaca, selamat belajar, jangan lupa bahagia dan menikmati hidup anda.

Latest posts by Anang Aji Guritna (see all)