Bibit

Kalau masih membicarakan bibit, jangan dulu membicarakan hasil yang akan dipetik. Membicarakan bibit lebih utama untuk mengedepankan perawatan. Bagaimana caranya agar bibit itu dapat hidup, terlebih agar mampu berkembang, syukur-syukur kelak berbuah dan bermanfaat.

Membicarakan bibit tak boleh mempertanyakan apakah kelak akan berbuah atau tidak. Banyak resiko yang dihadapi oleh bibit tersebut dalam perjalanannya, dalam pertumbuhannya, dalam perkembangannya. Bisa saja bibit itu akan mati. Bisa juga terkena hama. Bisa juga, dicuri.

Membicarakan bibit, merawat tumbuh kembangnya, tak bisa juga dilepaskan dari mereka yang merawatnya. Bagaimana kesungguhan si perawat, dalam merawat dan menunggui tumbuh kembang si bibit. Tanpa kesungguhan dan tekad kuat, jangan berharap bibit itu kelak akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Pun memahami karakteristik dari masing-masing bibit. Apakah membutuhkan banyak air, atau sedikit saja memerlukan air. Apakah butuh banyak sinar matahari, ataukah tak boleh terlalu sering terkena sinar matahari, haruslah diketahui secara pasti. Jangan sampai kita memberikan nutrisi yang salah untuk bibit. Seharusnya tak boleh terkena banyak air, kita malah menyiraminya setiap hari, pagi dan sore. Salah-salah bibit itu malah akan membusuk.

Ketepatan memperlakukan bibit sesuai proporsinya itu, akan mempengaruhi tumbuh kembangnya, dan kelak akan berpengaruh terhadap hasilnya.

Seperti pagi ini [17/09/2019] ketika saya ingak-inguk melihat anak-anak kelas 9 berolahraga dalam mata pelajaran intra. Bola voli. Ada beberapa anak yang terlihat mempunyai tangan dan gerak tubuh yang luwes dalam mengolah bola. Passing atas, passing bawah, maupun smash dari tangan mereka. Menyenangkan melihat bibit-bibit seperti itu.

Saya menjadi teringat 20 tahun yang lalu, ketika juga seusia mereka saat ini. Ketika masih ikut klub bola voli, Sibalec Junior. Meski tak sebaik mereka dalam mengolah bola, sebenarnya saya mempunyai lompatan yang tinggi. Namun apa daya, karena tubuh saya tak terlalu tinggi, pelatih lebih sering menempatkan saya sebagai libero.

Ayolah, libero bukan posisi favorit dalam bola voli. Akan terlihat lebih tampan jika pemain bola voli berposisi sebagai spiker, atau quicker. Pokoknya berposisi sebagai penyerang, penggebuk bola di area 3 meter.

Lagipula, saya tak ingin menjadi sasaran tembak yang menerima bola smash dari penyerang lawan jika menjadi libero.

Saya terus mempercayai halusinasi yang saya kembangkan sendiri, bahwa saya paling tidak akan menjadi pemain bola voli yang cukup mumpuni andai pelatih tak tergesa menempatkan saya sebagai libero. Karena jika saya lihat, lompatan dan smash saya tak kalah dengan kawan-kawan satu tim ketika latihan, bahkan dari mereka yang mempunyai tubuh tinggi dan di plot sebagai penyerang. Kepedeaaannn, bwahahah…

Tetapi sudahlah, mungkin saya memang tak boleh menjadi pemain bola voli. Karena jika saya menjadi pemain bola voli, maka saya tak akan menjadi pengangguran yang mempunyai banyak waktu luang. Termasuk waktu luang untuk menulis tulisan ini, ahahaha….

Tadi pagi saya melihat, ada dua anak yang menonjol dalam mengolah bola. Passingnya enak dilihat, tangan mereka terlihat luwes dan lentur. Gerak tubuh dan langkah kaki mereka juga natural, alami, sehingga bola dari mereka selalu melambung tenang dan terarah dengan baik. Sungguh menyenangkan melihat bibit olahraga semacam itu.

Saya pun akhirnya bertanya kepada salah seorang kawan, mengenai dua anak tersebut. Dijawab, bahwa mereka memang ikut pada sebuah klub bola voli. Pantas saja, dan memang bakat mereka harus tersalurkan.

Yang kemudian menjadi pertanyaan : sampai sejauh mana sekolah atau madrasah memfasilitasi bibit unggul semacam itu?

Jangan dulu sekolah atau madrasah bertanya tentang prestasi apa yang sudah dihasilkan oleh bibit semacam itu, baru mau memberi fasilitas. Baru bibit kok sudah ditanya apa prestasinya. Dibina dulu, fasilitasi dulu, baru tanyakan prestasinya.

Paling tidak bentuk fasilitas itu, dengan mempermudah mereka ketika meminta ijin untuk bertanding bersama klubnya, atau mengikuti seleksi pada tingkat daerah. Itu saja sebenarnya sudah cukup. Syukur lagi kalau nyangoni, memberi uang saku.

Kalau tidak bisa nyangoni, paling tidak jangan mempersulit. Itu saja.

Siapa tahu dengan hanya memberikan ijin untuk mengikuti pertandingan, atau mengikuti seleksi, kelak mereka akan menjadi atlit yang berjaya pada tingkat nasional. Lha po tidak ikut bangga jika kelak mereka menjadi atlit tingkat nasional.

Jangan ketika kelak besok sudah jadi atlit tingkat nasional baru namanya dicatut bahwa si atlit dulu adalah alumni. Padahal dulu semasa sekolah tak pernah diberikan ijin sekadar untuk ikut pertandingan atau mengikuti seleksi tingkat daerah. Pihak sekolah atau madrasah yang semacam itu, jangan nggapleki.

Perihal jam pelajaran yang ditinggalkan, ayolah….mosok tidak bisa diberikan semacam ‘kebijaksanaan’ dan ‘kearifan’ lokal?

Masalah terbesar olahraga negeri ini adalah tentang regenerasi. Rata-rata, regenerasi sudah sangat terlambat. Bibit unggul baru terlihat ketika mereka sudah lulus dari wajib belajar 12 tahun, lulus SMA. Dan itu, sudah sangat terlambat. Sedangkan kita ini selalu bersorak sorai andai atlit olahraga negara kita mengikuti kejuaraan dunia, apalagi memenangkannya. Tetapi dalam skala paling kecil, kita bahkan tidak ikut memberikan fasilitas meski mempunyai kemampuan memberikannya.

Opo tumon?

Semoga saja, yaaa…semoga saja. Kelak akan ada perbaikan kurikulum yang memberikan ‘peluang khusus’ terhadap bidang olahraga. Bukan hanya dengan membentuk sekolah yang mempunyai KKO [ Kelas Khusus Olahraga]. Karena senyatanya, pada sekolah yang tidak mempunyai KKO pun banyak bertebaran bibit unggul olahraga, pada berbagai cabang.

Kecuali, kecuali…jika memang ingin memperbanyak pengangguran seperti saya ini. Ya ndak usah repot-repot memikirkan regenerasi olahraga.

Itu saja, salam.

7 Comments

  1. With Houzz dominating the online search engine results of your essential key phrase, it is important that when web traffic mosts likely to Houzz that you will show in addition to their directory site. We can help – Houzz Feedback New-York –
    what is houzz feedback for account

    Right Below at HouZzilla we have an assigned team of marketer that particularly service Houzz administration as well as optimization. We are all “Qualified Houzz Marketing And Advertising Professionals”- a Houzz advertising and marketing training program with a qualification examination.

    As experts in Houzz account administration as well as optimization, Customer HouZzilla frequently gets customers leading natural Houzz placements including in West Jordan, as well as in unrestricted towns throughout the country.

  2. ПРОДАЖА ОПАЛУБКИ И оборудования индивидуальные и наиболее благоприятные условия!
    Арендная плата от 10р./м2 в сутки для монолитного строительства в Апшеронске и ЮФО

    Гибкие параметры! Прибыль до 50%

    Арендная плата опалубки с правом выкупа – возможность выкупа через 6 месяцев за 50% стоимости!

    Реализация многоразовой стальной и алюминиевой опалубки.

    Выкуп опалубки(покупка) стен, колонн, перекрытий (стойки телескопические и объемные), лесов, комплектующих.

    В темпе произведем осмотр, дефектовку, самовывоз.

    TradeIn – замена старенького ассортимента опалубки на сверхновый.
    ____________________________________
    аренда стоек опалубка в Темрюк
    опалубка в краснодаре аренда Белореченск
    аренда опалубки с установкой Лабинск

    ———————-
    http://опалубка-краснодар.рф
    http://opalubka-krasnodar.blogspot.com
    http://xn—-7sbabacy8bcf2adjewfm2a.xn--p1ai

  3. Qualified cleansing today is much more than simply cleansing: contemporary tools, devices and also methods of job turn it into a genuine state-of-the-art procedure that drastically modifies the standard understanding of what it implies to truly “tidy”.

    In home cleaning company – ideal
    professional maids service
    – it’s effortless, convenient as well as inexpensive with our company.
    Rely on the sanitation innovators to property cleaning Brooklyn! We utilize specialist soaps as well as technical equipment of worldwide producers in our work and perform a great work along with cleaning of any type of complication.

    8]Maid service business ny

    Participation along with the firm is actually the sponsor of a remarkable, rewarding and reliable cleansing of professional property cleaning as well as bordering areas. Presently, property cleaning services from our company are made use of in New Jacket. Enjoy as well as you the real advantages as well as practical benefits of our business proposal.

    By authorizing an irreversible solution agreement along with us, you are going to have the ability to desert the requirement to keep a huge personnel of technological workers, which, subsequently, will definitely maximize costs. The cost of the facility, daily, general residence cleansing of Staten Isle, carried out by our employees, are going to constantly be actually less than the price of wages for cleaners, the investment of cleansing products and also tools.

    6]House cleaning people ny

    Leave behind an ask for on the web site, indicate your name or firm title, call telephone number and also date of designated cleaning, leave your desires and also demands in a notification to the manager if required, after that our specialist is going to contact you in the fastest opportunity and specify the date, opportunity and place of work!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *