Memilih Karburasi Untuk Satria FU, Menaikkan Power Atau Tenaga Tanpa Bore Up

Tulisan saya beberapa waktu yang lalu, tentang Menaikkan Tenaga Atau Power Satria FU Tanpa Bore Up ternyata banyak dibaca. Entah banyak dibaca oleh orang-orang yang memang membutuhkan informasi, atau sekadar digerayangi oleh robot Google atau mesin pencari lainnya.

Entah saja, yang jelas hari ini saya ingin menuliskan kelanjutan dari tulisan tersebut. Pada bagian yang lebih detail. Pada bagian karburasi atau karburator. Karburasi merupakan jantung sepeda motor. Penyuplai bahan bakar dan udara ke ruang pembakaran. Tentu saja yang saya maksudkan adalah sepeda motor dengan teknologi ‘lama’. Bukan sepeda motor teknologi terbaru yang menggunakan sistem injeksi.

Maka oleh karena itu, tulisan ini pun bertujuan memberikan informasi pada pengguna sepeda motor dengan teknologi karburasi. Terkhusus lagi bagi pengguna atau pemilik Satria FU teknologi lama seperti saya. Namun begitu, tak haram juga untuk dibaca oleh khalayak umum, sekadar untuk menghabiskan waktu atau untuk membantu saya mendapatkan pemasukan dari Adsense. Hyahahahaha….

Karburasi vakum

Karburasi bawaan standar Satria FU adalah karburasi vakum. Karburasi yang menggunakan karet dalam gerak mekanisnya membuka dan menutup memasukkan suplai bahan bakar dan udara.

Ketika grip gas diputar, karburasi vakum tidak langsung meresponnya sebagaimana karburasi dengan model jarum skep. Oleh karena itu banyak pengguna Satria FU dengan karburasi standar merasakan ‘kurang’ tenaga putaran bawah pada motornya. Serasa lemot dan banyak berpikir ketika grip gas diputar.

Keberadaan karet vakum itulah yang membuat respon karburasi standar menjadi kurang bagus. Kurang bagus bagi mereka yang menginginkan performa lebih tentu saja. Bagi yang menaiki Satria FU untuk jalan-jalan sore atau berjualan sayur, maka tak menjadi masalah menggunakan karburasi vakum. Apalagi bagi penjual cilok dengan kerombong atau gerobak di belakang. Karburasi vakum malah lebih saya anjurkan. Daripada dagangan berserakan ketika mengganti karburasi dengan model skep yang akan membuat motor menjadi lebih ‘galak’ dan responsif.

Selain keberadaan karet vakum, karburasi standar Satria FU juga hanya berventuri atau berdiameter lubang 26 milimeter. Tentu saja juga ‘kurang’. Maka saya anjurkan untuk menggantinya dengan yang berdiameter lebih besar, dan juga karburasi dengan model jarum skep.

Banyak pilihan untuk menggantinya, diantaranya :

1.Karburasi PE28

Pemilik sahnya, Keihin.

Tetapi kini banyak merk yang membuat replikanya. Dengan venturi 28 milimeter, PE28 adalah pilihan masuk akal yang bisa diambil oleh anda yang menginginkan ganti karburasi standar.

Keihin sendiri sebagai ‘pemilik paten’ masih terus memproduksi karburasi seri ini. Untuk menyediakan layanan purna jual karena sejatinya karburasi ini adalah karburasi bawaan dari Honda NSR SP150. Sepeda motor 2-tak yang sempat berjaya pada masanya.

Merk lain yang juga membuat karburasi jenis ini adalah Koso, TDR, dan juga berbagai cap abal-abal.

Kenapa abal-abal? Karena karburasi abal-abal tetap menggunakan merk Keihin, namun palsu. KW.

Harganya bervariasi. Karburasi abal-abal biasanya dijual dengan harga tak lebih dari 500 ribu rupiah. Saya sarankan anda jangan memakai karburasi abal-abal semacam itu. Selain tidak awet, settingnya juga ngudubillah sulitnya.

Saya sarankan anda memilih Keihin PE28 original. Harganya sekitar 1 – 1,5 juta rupiah. Kalau tidak pakailah merk TDR atau juga Koso. Harganya sekitar 800-900 ribu rupiah.

Kalau harga segitu rupa masih dirasa terlalu ‘mahal’, saya sarankan untuk membeli PE28 original Thailand. Produksi Honda Thailand, bukan dari Jepang. Memilihnya yang sulit, maka anda harus berhati-hati.

2.PWK28

Jika PE28 adalah karburasi default dari Honda NSR Sp150, maka PWK28 adalah karburasi bawaan dari motor Kawasaki KX85. Motor special engine dari Kawasaki dengan kubikasi mesin 85cc. Jangan dulu memandang sebelah mata karena kubikasi mesinnya kecil. Itu adalah motor balap untuk ajang garuk tanah atau motocross. Kemampuannya jelas diatas rata-rata motor massal dengan kubikasi mesin 150cc di Indonesia.

Karena itu adalah karbu untuk mesin special engine, maka PWK28 mempunyai kelebihan dalam menyalurkan tenaga pada putaran bawah daripada PE28. Jambakan tenaga pada putaran bawahnya akan membuat anda tertegun, dan seketika lupa kalau sedang mengendarai Satria FU.

Berbeda dengan PE28 yang banyak dibuat replikanya, PWK28 tak banyak yang membuat replikanya. Lebih baik anda membeli yang asli saja. Selain lebih terjamin dalam garansi dan mudah dalam setting, memakai barang original akan membuat anda nyaman dan tenang di jalan.

Harganya tak jauh berbeda dari PE28 original Jepang. Sekira 1,6-1,8 juta rupiah.

Produk KW-nya berada di kisaran harga 300-500 ribu rupiah. Tak banyak berbeda dengan PE28 KW. Namun sekali lagi saya sarankan, jangan membeli dan memakai karburasi dengan harga sekian ini. Selain akan membuat anda menyesal, anda juga malah akan banyak mendapat masalah. Percayalah.

3.Sudco

Sudco adalah merk apparel balap dari Amerika. Dan tentang karburator atau karburasi, Sudco memegang paten dari Keihin untuk membuat ‘versi balap‘ dari produk mereka.

Jadi, versi standar dari karbu Keihin, baik itu PE28 ataupun juga PWK28, sudah mendapatkan sentuhan ulang dari Sudco. Sudah dioprek pada bagian-bagian tertentu. Baik pada lubang venturi, atau juga pada skep dan bentuk spuyer.

PE28 Sudco ataupun PWK28 Sudco adalah versi mewah dari versi standar dan originalnya. Kalau martabak bisa diibaratkan martabak dengan topping spesial.

Namun untuk harga, memang karburasi dari Sudco cukup ‘lumayan‘. Bisa membuat kantong dan dompet maupun isi rekening tiba-tiba menjadi stroke dan sekarat.

Harga dari PE28 Sudco maupun PWK28 Sudco berkisar pada rentang 2,3-2,6 juta rupiah. Berselisih sampai dengan 1 juta rupiah daripada versi standar originalnya.

Namun sudah saya sampaikan bahwa keluaran Sudco adalah versi racing atau balap dari Keihin standar, maka performa yang diberikan memang sangat memuaskan.

Setting pada sepeda motor anda pun akan sangat mudah, dengan ubahan yang hanya akan dilakukan pada ukuran spuyer saja. Baik pada pilot jet maupun main jet. Sisanya, percaya saja bahwa Satria FU anda akan bersujud dan menangis bahagia bahwa ia mendapatkan cangkok jantung dari Sudco.

*****

Nah, jika anda sudah memutuskan untuk mengganti karburasi, maka saatnya anda mencari mekanik yang jempolan. Pak Londo dari Londo Tech Garage bisa menjadi rujukan dan jujugan anda apabila berada di seputaran Daerah Istimewa Yogyakarta ataupun Jawa Tengah.

Selamat mencoba.

Salam.

Latest posts by Anang Aji Guritna (see all)

14 Comments

  1. Our company supposes all threats as well as bears max accountability for the results and also premium of work to the client Interior renovators NY.

    The appeal of both household and office properties is of terrific significance. For the building to keep its eye-catching appearance and also functional attributes, it is important to regularly carry out High-end improvement New York City. The business provides a high specialist level helpful in repairing the look of structures. New York City customers may use our services if they need to have to bounce back:

    Residential properties of various floors and year of building and construction;
    Workplace facilities;

    Purchasing and amusement facilities;
    Service centers;
    Health care facilities and also other social properties. destination;
    General Contractor NEW YORK;
    Industrial structures.

    The complicated and also the treatment for executing work are actually identified only after the examination of the things. Our expert leaves behind for the location. It collects the maximum information concerning the property: the attributes of the materials where the walls, load-bearing properties, the foundation, the lot of tales of the structure, the condition of the exterior are erected. Based on the outcomes of the relevant information accumulated, the optimum innovation is selected, depending on to which High-end makeover NY will consequently be accomplished.

    Our company have actually been actually working in the market place of development as well as repair for over 16 years, as a result we offer expert companies for the reconstruction as well as restoration of the fronts of properties for any sort of objective.
    Employees of the firm possess the necessary approvals and allows to carry out restoration operate at any sort of height. We are ready to execute repair services of structures and properties that remain in any kind of condition at an enough opportunity as well as economical costs.

    It promises proficient and also qualified gratification of its activity, executes the construction of each item observing the dreams of the client, watching the principle of an specific technique.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *