Menjelang Move On

Kalau ditinjau dari segi bahasa, arti sebenarnya sangat sederhana. Berpindah.

Berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Secara fisik, secara kasat mata. Dari kursi ke kasur misalnya. Atau dari teras rumah kehalaman. Atau mungkin dari dapur ke ruang makan.

Namun perkembangan jaman sepertinya turut membawa kata Move On, jauh ke tempat-tempat yang tak sederhana. Kini move on tak mesti berarti berpindah secara fisik. Sembari duduk pun kita bisa move on. Misalnya saja move on dari kebiasaan duduk sembari memelototi layar hape untuk mencari berita gosip, menjadi duduk sembari membaca buku. Pun sebaliknya, biasanya duduk sembari membaca buku, kini duduk sembari update status di media sosial.

“Baru duduk gaaaeeessss, sembari ngombe teh dan makan telo godhog juga gedang goreng!”

Move on atau berpindah tak harus lagi secara fisik. Bisa saja hanya hati yang berpindah. Atau perasaan. Atau pikiran.

Namun bisa juga kombinasi dari salah duanya. Atau bisa juga kombinasi kesemuanya.

Ya fisik, hati, pikiran, perasaan. Semuanya.

Kalau menurut para ustad muda yang banyak digandrungi mamah-mamah muda, istilah move on akan digeser sedikit dengan pemilihan bahasa lain, hijrah.

Artinya sama saja, berpindah itu tadi.

Hanya saja kesannya yang berbeda. Kesan yang terbangun dan terbentuk dalam beberapa tahun belakangan. Bahwa move on banyak dipakai oleh kalangan tertentu, sedangkan kata hijrah banyak dipakai oleh kalangan tertentu yang lain.

Tulisan ini tidak akan membahas perbedaan dalam pemilihan kata. Tulisan ini akan sedikit membahas mengenai persamaan subtansinya. Belajar mencari persamaan di tengah perbedaan, belajar bersatu di tengah keberagaman. Lha wong kobis dan kentang saja bersatu di dalam gado-gado, masak iya manusia malah ingin bercerai berai.

Tahun 2019 hampir usai, hampir selesai. Sudah memasuki menit akhir, injury time. Tak akan ada perpanjangan waktu, apalagi adu penalti.

Yang merasa menang silahkan memasuki euforia, yang kalah silahkan bersedu sedan.

Satu tahun adalah rentang waktu yang panjang, jika dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Sebaliknya ia juga rentang waktu yang pendek, teramat singkat, jika dijalani tidak dengan kesungguhan.

Mungkin masih banyak yang akan menyesali kepergian tahun 2019. Merasa belum maksimal dan optimal menjalaninya. Mungkin banyak target-target yang belum tercapai, banyak hal belum mampu diwujudkan.

Beberapa yang lain lagi mungkin dengan ringan hati akan melambaikan tangan pada tahun 2019. Merasa ini adalah waktu perpisahan yang indah. Sudah mencapai segala apa yang diinginkan, memenuhi target-target yang sudah ditetapkan.

Untungnya… untungnya… istilah move on selalu berkonotasi dengan kebaikan. Berhubungan dengan segala sesuatu yang positif. Move on adalah upaya untuk berpindah, meninggalkan suatu tempat atau kondisi yang dirasa kurang baik, menuju tempat atau kondisi yang lebih baik.

Sehingga, apapun pencapaian pada tahun 2019, apapun yang terjadi didalamnya, harus diterima untuk kemudian dilanjutkan atau diperbaiki di tahun yang segera datang.

Tidak ada penggunaan istilah move on – – – umpamanya— untuk menuju situasi atau kondisi dan juga tempat yang kurang baik dari sebelumnya. Misalnya saja berpindah dari manusia yang baik kemudian menjadi penjahat masuk penjara. Tidak akan ada.

Move on adalah segala cara untuk beranjak menapaki sesuatu dengan ringan hati, meninggalkan segala yang negatif di belakang. Mengubur kekurangan dan kegelisahan bersama cakrawala senja.

Bukankah senja adalah penggal waktu terbaik untuk meninggalkan segala kegelisahan dengan tetap menyunggingkan senyuman?

Kita hanyalah kotoran atau debu yang menempel pada roda kehidupan. Esok hari, roda 2019 sudah mencapai batasnya untuk berputar. Mau tidak mau, suka tidak suka, siap ataupun tidak, roda 2020 akan menggantikan. Pilihan kita untuk bagaimana menyesuaikan diri dengan roda baru.

Apakah kita akan tetap tinggal pada sisi jejak 2019 yang mungkin saja menempatkan diri kita di bawah? Ataukah kita akan berusaha merangkak naik pada roda baru yang siap berputar mengantar kita pada cakrawala kemungkinan baru. Kemungkinan untuk mencapai kebaikan-kebaikan. Untuk move on dari segala apa yang telah meliputi diri kita pada sepanjang tahun 2019.

Sahabatku yang baik hatinya [ciiieeehhhhh jadi inget Bapak yang itu, yang jidatnya lebar kayak punya saya, bwahahaha], move on adalah perihal keberanian. Bukan hanya sekadar langkah untuk berlalu. Tetapi keberanian untuk meninggalkan. Meninggalkan segala sesuatu yang mempunyai implikasi negatif terhadap diri kita, untuk menuju sesuatu yang lebih bernilai positif.

My Lop yang berbahagia meski utang menumpuk tak tahu kapan lunasnya….pada dasarnya manusia adalah diri pribadi yang mengandung banyak unsur negatif. Maka ia harus mencari, menuju, dan memperbanyak segala sesuatu yang positif dari luar dirinya.

Tidak percaya kalau manusia pada dasarnya lebih banyak mengandung unsur negatif?
Silahkan membuat daftar catatan dengan diberikan prosentase, berapa persen hidup kita yang didedikasikan untuk kebaikan terhadap sesama, untuk lingkungan, untuk alam semesta, daripada untuk diri pribadi kita?
Jika lebih dari 80% hidup yang kita jalani hanya berdasar untuk kebutuhan pribadi, maka diri kita lebih banyak mengandung unsur negatif. Pun berbuat kebaikan jika masih juga menyimpan harapan bahwa akan ada imbal balik yang baik bagi diri kita, itu juga adalah sesuatu yang negatif.

Maka, manusia harus lah menuju cakrawala kemungkinan yang positif bagi dirinya.

Esok hari, anda, dan kita semua mau tidak mau harus move on. Harus beranjak, harus melangkah, harus berpindah. Suka ataupun tidak. Dengan terpaksa ataukah sukarela.

Kecuali jika anda ingin tetap tinggal di tahun 2019. Dikenang hanya sampai tahun 2019. Silahkan untuk tidak move on menuju 2020.

Kalau saya sih, hari ini tetap bertajuk ‘Menjelang Move On’. Entah saja kalau ternyata esok hanya berganti sampul, dan isi didalamnya tetap sama saja.

Selamat Tahun Baru, bagi anda yang merayakan, ataupun tidak merayakan.

Latest posts by Anang Aji Guritna (see all)

19 Comments

  1. Appreciating What You Have In Your Life

    Writing a thesis essay is one of the challenges that students face in their academic life. Essays should not be the most stressful time of your life, and our company offers you the essay writing help. Using transition words is helpful when writing expository essays. Introduction is, basically, used to prepare the readers for further discussion and analysis as enclosed in the later parts of the essay.

    Other people believe that the best way of learning about life is through personal experience. According to the desired and needed designation, people used to buy a life experience degree. This Study Guide addresses the topic of essay writing. The five paragraph essay is a formal essay comprising exactly five paragraphs: an introduction, three paragraphs of body or explanation, and a conclusion.

    agree with
    click
    basics

    Useful Phrases For Writing Argumentative Essays

    Scholarship essay contests are much in demand these days. We make sure that our returning customers are given the opportunity to save on their essays and sometimes even get custom essays for free. I help students in every academic writing tasks and working in this field for 16 years. These essays should read like smart, interesting 17-year-olds wrote them,” says Lacy Crawford, former independent college application counselor and author of Early Decision A sense of perspective and self-awareness is what’s interesting.

    Essay About Future Plan
    Virginia Kearney On HubPages
    Writing Essays
    d7e2_10

  2. 10 недель сколько месяцев 10 недель беременности;10 неделя беременности: опасный период позади;10 неделя беременности: опасный период позади. Начало беременности – очень ответственный и важный период. На 10 неделе процесс закладки внутренних органов плода и формирование плаценты завершается,;Что происходит с женским организмом? К 10 неделе беременности заканчивается формирование плаценты, теперь плод надежно защищен от воздействия негативных факторов и вредных веществ, а значит критический период начального развития позади.Возможные осложнения. Из-за снижения иммунитета может развиться молочница, чтобы избежать инфицирования болезнетворными бактериями плода, нужно немедленно обращаться к врачу, при появлении нехарактерных выделений. Нормой во время беременности считаются умеренные однородные выделения светлого или молочного цвета. 10 недель беременности что происходит
    аптечка для новорожденного список необходимого 2018
    Здравствуйте.у меня 7 неделя.на учет не встала пока.состояние сонное и голова кружиться низ живота иногда побаливает.полтора года назад была зб на 7-8 недель переживаю очень.беременность 4ая.рожать тоже страшно не молодая уже.

    Ольга, а на УЗИ ходила? Надо сходить, чтобы не переживать. А чего боишься, уже в четвертый раз если рожать? Даже не заметишь! У меня соседка 6-го рожала, даже скорая приехать не успела, уже дома все случилось. Все было хорошо! И у тебя будет.
    как протекает беременность

  3. You really make it appear really easy together with your presentation however I find this topic to be
    actually something that I feel I might by no means
    understand. It sort of feels too complex and very wide for me.
    I’m having a look ahead to your next publish, I’ll try to get the hold of it!

  4. You are so interesting! I do not think I’ve read something like this before.

    So great to find somebody with genuine thoughts on this
    subject matter. Really.. thanks for starting this up.

    This web site is something that is required on the web, someone with
    a bit of originality!

  5. Excellent post. I was checking constantly this blog and I am impressed!
    Extremely helpful info specifically the last part 🙂 I care for such information much.
    I was seeking this particular info for a long time.

    Thank you and best of luck.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *