Rekomendasi Rumah Makan Keluarga Sebelum Puasa

Gambar : Pixabay

Menjelang Ramadhan, biasanya banyak keluarga ingin menghabiskan waktu untuk berkumpul dan makan bersama. Istilahnya apa saya lupa. Tetapi yang jelas, bertujuan untuk menghangatkan perasaan sesama anggota keluarga, dan bersama-sama menyongsong bulan Ramadhan untuk bertekad memperbaiki diri bersama-sama pula.

Tak ada salahnya akhir pekan ini, ANG memberi saran masukan mengenai beberapa rumah makan, yang cocok disambangi bersama keluarga.

Pertimbangan yang dipakai, pertama adalah tempat yang nyaman, kedua adalah banyaknya pilihan menu makanan, dan ketiga adalah harga terjangkau.

Ketiga faktor itu tentu saja subyektif dari ANG sendiri. Perihal definisi tempat yang nyaman, pilihan menu makanan, maupun harga yang terjangkau.

Tempat nyaman bagi satu orang atau keluarga, belum tentu nyaman bagi yang lainnya. Demikian pula mengenai menu makanan, dan apalagi rasanya. Perihal harga, tentu adalah hal yang paling subyektif. Mahal bagai seseorang, bisa jadi sangat murah bagi yang lainnya.

Tetapi ANG merangkum kesemuanya, untuk kemudian diambil rata-rata. Agar siapapun, bisa mencoba menyambanginya.

Berikut adalah beberapa rumah makan tersebut.

Oh iya, ini bukan promosi, bukan pula endorse, atau titipan promo melalui tulisan. Maka dari itu sengaja ANG tidak menyertakan foto. Saran ini semata sekadar masukan bagi anda yang sedang kebingungan mencari rumah makan atau tempat makan di Jogja. Lagipula, rumah makan yang ANG sarankan ini, sudah sedemikian laris tanpa dipromosikan oleh blog super duper kecil tanpa pembaca ini.

Oh iya lagi, urut rumah makan yang dituliskan bukan berarti urut dari suatu kualifikasi tertentu. Urut terbaik misalnya. Bukan. Semata juga karena tak bisa semuanya dituliskan secara bersamaan.

1. Warung Pak Lanjar

Warung Pak Lanjar terletak di dusun Banteran, desa Donoharjo, kecamatan Ngaglik, kabupaten Sleman. Kalau kesulitan mencarinya, silahkan ketik Warung Pak Lanjar di aplikasi maps anda. Posisi koordinatnya presisi, saya sudah mencobanya.

Tempatnya berada di tepi persawahan, di pinggir perkampungan. Suasananya masih cukup sepi dan asri.

Tempat parkir kendaraan tersedia cukup luas. Baik untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Akses jalan juga sudah sangat bagus.

Untuk makan bersama keluarga, tempat ini sangat cocok, cukup luas. Tersedia tempat dengan pilihan cara duduk. Ada meja beserta kursi, juga tersedia lesehan. Andai tak cocok dengan keduanya, anda bisa memilih duduk diatas rerumputan.

Pilihan menu makanannya juga beragam. Mulai dari nasi goreng, bakmi goreng, ikan bakar, daging maupun ayam, juga berbagai sayur tradisional. Untuk harga, juga terjangkau. Satu porsi nasi goreng khas dari rumah makan ini, dihargai tak lebih dari 15 ribu rupiah. Untuk harga dari menu lain, tentu bervariasi. Yang jelas, semuanya masih cukup terjangkau.

Tempat ini memenuhi ketiga variabel yang tadi ANG sebutkan. Perihal tempat sangat nyaman. Menu cukup beragam. Harga juga terjangkau.

ANG sarankan anda untuk mencoba mie gorengnya. Enak.

Warung Pak Lanjar ANG rekomendasikan bagi anda.

2. Rumah Makan Timbul Roso

Rumah makan ini terletak di Jalan Cangkringan km. 3. Dusun Bedoyo, desa Wukirsari, kecamatan Cangkringan, kabupaten Sleman.

Tempatnya tak jauh dari wisata Kaliadem.

Karena berada tak jauh dari lereng Gunung Merapi, suasana di rumah makan ini cukup asri, dengan udara yang masih sangat sejuk cenderung dingin pada sore atau malam hari.

Tempat ini juga memenuhi tiga variabel yang tadi disebutkan. Mayoritas tempat yang disediakan berupa saung yang terbuat dari bambu petung. Saung paling kecil bisa menampung lima sampai sepuluh orang. Ada juga saung yang lebih besar untuk menampung lebih banyak orang dalam satu rombongan. Bagi yang tidak suka saung dengan duduk secara lesehan, tersedia juga area dengan meja dan kursi yang juga cukup luas.

Tempat parkir kendaraan juga tersedia luas, untuk kendaraan roda dua maupun empat.

Menu makanan cukup variatif. Tetapi yang menjadi andalan adalah gurame bakar maupun goreng, dan juga nila bakar maupun goreng. Tetapi tersedia juga berbagai macam sup, seperti sup iga sapi maupun aneka sup ikan.

Jika berada di tempat ini, ANG sarankan untuk mencoba sup ikan nila. Luar biasa.

Rumah Makan Timbul Roso ANG sarankan bagi anda.

3. SEGO KEMBUL Wedangan & Daharan

Tempat ini terletak di Jalan Opak Raya, dusun Potrojayan, desa Madurejo, kecamatan Prambanan, kabupaten Sleman.

Tempat ini nyaman untuk berkumpul dan makan-makan bersama keluarga. Sama seperti dua rumah makan sebelumnya, rumah makan ini menyediakan areal parkir yang luas. Jadi anda tak perlu mengkhawatirkan perihal parkir kendaraan.

Tempat yang disediakan untuk menikmati makanan dan bercengkerama bersama keluarga juga cukup luas. Tersedia kursi maupun lesehan. Kursi dan meja yang disediakan bergaya klasik, dengan beberapa diantaranya berupa kursi anyaman rotan.

Aneka minuman yang disediakan cukup lengkap, begitu juga dengan makanannya.

Jika berada di tempat ini, ANG sarankan anda untuk mencoba sayur genjer. Rasanya luar biasa, dan jarang anda temui di tempat lain.

Perihal harga juga tak perlu membuat khawatir anda yang berkantong tipis seperti ANG. Harganya terjangkau. Bahkan akan semakin terjangkau jika anda mengambil menu paket yang sudah disediakan.

Memilih rumah makan sebelum puasa

Cukup tiga saja ANG menyarankan rumah makan untuk anda, bagi yang ingin menikmati makan bersama keluarga sebelum bulan puasa.

Tiga saja dipilih agar anda tak terlalu banyak memilih yang berujung kepada rasa bingung.

Jika anda berada di daerah utara, Timbul Roso bisa dipilih.

Jika anda berada di area tengah, Warung Pak Lanjar bisa menjadi pilihan.

Jika anda berada di sekitar timur, Sego Kembul adalah pilihan yang bagus.

Kalau anda sudah berkunjung ke tiga tempat tersebut, dan merasa masih ada tempat lain yang patut direkomendasikan dengan memenuhi tiga variabel yang ANG tentukan, anda bisa memberitahu melalui kolom komentar.

Terima kasih, selamat berakhir pekan.

Salam.

Latest posts by Anang Aji Guritna (see all)

9 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.