Sekali Lagi, Mari Berolahraga

Secara sederhana saja, dan tanpa hal-hal yang menambah beban pada pikiran. Misalnya saja dengan rutin berjalan kaki, atau berlari, atau bersepeda jika mempunyai alatnya. Pokoknya berolahraga, menggerakkan tubuh, beraktifitas, agar banyak otot tubuh yang bergerak, sehingga melancarkan peredaran darah.

Peredaran darah yang lancar memang tak bisa kita lihat secara langsung, atau secara kasat mata. Kecuali kalau kulit dan pembuluh darah anda transparan tembus pandang seperti kaca.

Tetapi justru karena tak bisa dilihat itu, karena kita hanya bisa mengkira-kira, maka kita hanya bisa melakukan yang terbaik. Kita hanya bisa berusaha, kemudian berdoa. Seperti halnya kita sudah berusaha memilih mie instan terbaik di swalayan, tetapi apa daya ternyata tidak disertakan bumbu di dalam kemasan.

Olahraga merilis jalan terbaik bagi peredaran darah tubuh kita. Terbaik bagi apa yang bisa didapatkan oleh sistem peredaran darah di dalam tubuh kita. Baik pada pembuluh darahnya, jantungnya, atau darah itu sendiri.

Manfaatnya memang tak pernah secara langsung dapat kita lihat atau rasakan. Namun ada efek-efek tertentu berupa kebaikan yang akan senantiasa kita rengkuh. Misalnya saja tubuh akan terasa fit, segar, dan tak gampang merasa pusing atau sakit kepala. Kebanyakan keluhan sakit kepala disebabkan karena peredaran darah yang tidak lancar. Tidak lancar bisa jadi karena ada sumbatan, kualitas pembuluh yang semakin aus, atau jantung yang tak lagi bisa memompa secara maksimal.

Olahraga —meski hanya dalam intensitas ringan— namun rutin dilakukan, akan membuat tubuh merespon dengan baik.

Begini, jangan sampai kehidupan kita, momen-momen terbaik yang banyak mengandung kebahagiaan, terlewat karena kita sakit. Lebih nggrantes lagi, jika sakitnya hanya karena sebab sederhana, kurang berolahraga.

Jujur saja, tulisan ini saya buat oleh karena seorang kawan mendadak sakit, cukup parah, dan sampai tak sadarkan diri. Dulu, ketika masih sering berbincang, kawan saya itu memang mengakui bahwa dirinya kurang berolahraga. Ketika mendapatkan kabar bahwa ia sedang sakit, saya ikut merasakan kesedihan yang mendalam.

Andai saya sedikit saja bisa mengajak atau mempengaruhinya untuk rutin berolahraga. Secara sederhana, berlari-lari kecil atau berjalan kaki setiap hari.

Bukan saya sok sehat dan kemudian mengajak orang lain berolahraga serta menerapkan gaya hidup sehat. Bukan, bukan semacam itu. Saya pun masih sering merasakan tidak enak badan meski sudah mencoba berolahraga setiap hari, atau menerapkan gaya hidup sehat sebisa yang saya mampu.

Tetapi mengajak kepada suatu kebaikan —olahraga—, pada orang yang benar-benar jarang atau bahkan tidak pernah melakukannya, saya rasa bukan hal yang buruk.

Sebelum sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, atau sesuatu yang kurang baik menimpa diri. Paling dekat, sakit.

Sakit memang bukan sesuatu yang buruk atau memalukan. Sakit adalah kodrat dan takdir Tuhan yang memang harus dilalui serta dijalani oleh manusia. Tetapi berusaha untuk tidak sakit yang disebabkan oleh kekuranghatian diri sendiri, saya rasa juga pantas dilakukan.

Jika olahraga bisa membantu membentengi diri dari sakit yang tak perlu, kenapa tidak?

Bukankah Tuhan juga memerintahkan untuk menjaga diri sendiri? Untuk menyayangi dan merawat diri sendiri?
Maka ketika olahraga adalah salah satu cara untuk merawat dan menjaga diri sendiri itu, tak ada salahnya untuk dilakukan.

Beberapa ahli mengatakan bahwa renang adalah olahraga terbaik. Karena ia merangsang seluruh otot dan bagian tubuh untuk bergerak. Tetapi jika sulit mendapatkan akses terhadap tempat berenang, maka seharusnya kita mencari alternatif lain yang lebih mudah.
Tak semua orang mempunyai akses yang mudah terhadap tempat berenang, atau kolam renang.

Selalu saya mengulang dalam tiap tulisan yang mengajak untuk berolahraga, bahwa berolahraga-lah secara sederhana dan menyenangkan. Sebisa mungkin hindari penggunaan banyak alat dan biaya, yang cenderung akan membuat kita gampang bosan.

Silahkan dicoba untuk sekadar berjalan kaki atau berlari secara ringan, jika memang tak ada olahraga lain yang bisa memungkinkan untuk dilakukan. Jika memungkinkan, cobalah untuk senam atau body workout. Lakukan secara rutin setiap hari, sampai menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Semakin bertambah usia, onderdil dalam tubuh kita juga cenderung akan mengalami kerusakan. Mudah patah dan mudah mengalami cedera. Olahraga membantu kita untuk meregenerasi sel-sel tubuh yang sudah rusak, dengan sel-sel baru. Sehingga dalam batas optimal usaha kita, akan ada kesehatan yang menjaga.

Memang perihal sehat atau sakit juga ada campur tangan Tuhan, ada takdir Tuhan dibelakangnya. Tetapi sebagai manusia, kita wajib untuk berusaha.

Salam olahraga, semoga kesehatan selalu bersama anda.

8 Comments

  1. Hi there, I just visited anangaji.com and thought I would reach out to you.

    I run an animation studio that makes animated explainer videos helping companies to explain what they do, why it matters and how they’re unique in less than 2 minutes.

    Watch some of our work here:
    http://bit.ly/303AddL – pretty good right?

    I would love to make an awesome animated video for you guys.

    We have a smooth production process and handle everything needed for a high-quality video that typically takes us 6 weeks to produce from start to finish.

    First, we nail the script, design storyboards you can’t wait to see animated. Voice actors in your native language that capture your brand and animation that screams premium with sound design that brings it all together.

    Our videos are made from scratch and designed to make you stand out and get results. No templates, no cookie cutter animation that tarnishes your brand.

    If you’re interested in learning more, please get in touch on the email below:
    Email: storybitevideos@gmail.com

    Thanks for taking the time to read this.

  2. Ciao! anangaji.com

    We suggesting

    Sending your message through the feedback form which can be found on the sites in the Communication section. Contact form are filled in by our software and the captcha is solved. The advantage of this method is that messages sent through feedback forms are whitelisted. This method improve the chances that your message will be open.

    Our database contains more than 25 million sites around the world to which we can send your message.

    The cost of one million messages 49 USD

    FREE TEST mailing of 50,000 messages to any country of your choice.

    This message is automatically generated to use our contacts for communication.

    Contact us.
    Telegram – @FeedbackFormEU
    Skype FeedbackForm2019
    WhatsApp – +44 7598 509161
    Email – FeedbackForm@make-success.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *