Tak Semua Hal Nampak Seperti Kelihatannya

Berapa lama kita tidak bertemu? Dalam hitungan hari? Bulan? Tahun? Atau dalam satuan waktu yang akal pikiran manusia belum mampu merumuskannya?

Selama itukah?

Tak penting, ambil kursi disebelah pot bunga itu!
Bawa kesini, dan duduk menghadapku.

Aku buatkan kopi, sebentar.
Tidak?
Tak lagi kau minum kopi?

Teh, mungkin?
Tidak juga?

Ayolah, setan apa yang merasukimu hingga tak lagi kopi dan teh masuk dalam kerongkonganmu?
Bedebah.

Air putih?

Ooh, selama itu dan ternyata kopi sudah luntur dari darahmu.
Baiklah, air putih.

Silahkan diminum dulu, baru kita saling bercerita.

Rokok?

Ahahaha, Alhamdulillah kau masih mau merokok, syukurlah.
Syukurlah, aku tak jadi kehilangan dompetku beserta seluruh isinya.

Baru saja aku bertaruh dengan diriku sendiri, setelah kau menolak kopi dan juga teh, bahwa aku akan membuang dompet yang hanya berisi SIM dan STNK serta KTP ini jika kau juga menolak rokok.
Syukurlah, aku tak harus ‘nembak‘ SIM atau pergi ke Pak Dukuh untuk membuat KTP baru.

Tak usah kita berbasa-basi tentang kabar, toh rokok masih menjadi penanda kalau kita sehat satu sama lain. Lagipula, saling bertanya kabar akan mengalihkan ku dari satu pertanyaan yang sudah demikian lama kupendam. Untuk kutanyakan padamu.

Sampai dimana perjalananmu?

Sampaikah pada ujung seperti yang pernah kau impikan? Seperti yang sempat kau ucapkan terakhir kali sebelum pergi berpamitan untuk melangkahkan kaki?

Sampaikah ujung itu? Ayolah, aku benar-benar penasaran.

Sampai?
Tidak?

Ah bangsat. Mana pernah kau mau menjawab. Kau selalu memintaku untuk menebak sendiri jawabannya.

Yaa..yaa..yaa..mari merokok saja dulu.

Ojek?
Hey bangsat! Tahu darimana kau kalau aku sempat mendaftar ojek online?

Memalukan?
Tidak?!

Syukurlah, kukira menurutmu itu hal yang memalukan.
Ayolah kawan, engkau tahu apa pekerjaanku. Bekerja sekeras dan sebaik apapun takkan menaikkan gaji atau tunjanganku selain kenaikan gaji yang selalu rutin tiap dua tahun sekali.

Kau juga tahu, kenaikan gaji itu berlaku untuk semua pekerja sepertiku. Baik yang bekerja rajin dengan hasil memuaskan, atau hanya bekerja ketika selesai membaca koran dan berjalan-jalan sembari menggendong tangan.

Yaa, aku sempat mendaftar ojek online itu. Kau tahu? Tentu saja untuk menambah penghasilan.

Banyak orang berkata bahwa yang utama bukanlah harta, atau uang dalam arti yang lebih sederhana.
Bahwa yang lebih berharga adalah sikap serta kebaikan universal. Bahwa yang utama adalah budi pekerti dan sopan santun. Bahwa yang utama adalah perbuatan-perbuatan yang tidak merugikan orang lain. Bahwa derajat manusia tidak ditentukan oleh harta bendanya.

Tetapi kau tahu? Bahkan orang yang berpendapat seperti itu takkan mau menjabat tangan gelandangan kumal yang berbudi pekerti luhur. Mereka akan lebih memilih bersalaman dengan orang-orang yang necis dan bersih meski mereka tahu kalau orang itu pelaku korupsi. Atau pelaku jual beli jabatan. Atau makelar kepentingan.

Ah ya, persetan dengan orang-orang semacam itu, bukan? Toh aku berusaha dengan jalan yang kuyakini itu adalah kebenaran, bukan dengan mengemis dan meminta pada mereka.

Belum, belum lolos. Menurut kabar, pengemudi ojek online sekarang sudah melebihi ambang batas kebutuhan. Mungkin memang belum rejekiku.

Aku sudah bercerita panjang lebar. Ayolah, ceritakan tentang cahaya yang kau cari itu!
Cahaya yang berpuluh tahun lamanya sebelum kita berpisah, kau katakan selalu mengganggu tidurmu.

Katakan dan ceritakan tentang cahaya yang kau cari itu!
Cahaya yang kau katakan tak pernah redup bahkan oleh gelap yang teramat pekat.

Kau menemukannya?
Hampir?

Kau pingsan ketika mendekatinya?
Berarti kau sampai?
Tapi kau tak mampu?

Ah, cahaya macam itu?

Menembus dadamu?
Seketika membutakan penglihatanmu?

Ayo..ayo ceritakan lagi, sembari boleh kau sulut sebatang lagi. Sulut sesukamu. Kalau perlu kau habiskan sebungkus itu. Tetapi jangan lupa kau tandaskan cerita mengenai cahaya itu.

Cahaya yang seingatku, ketika dulu kau bercerita sebelum pergi, selalu menggodamu dalam tiap-tiap tidurmu. Katamu, tak pernah ada mimpi selain mengenai cahaya itu. Cahaya yang ketika kau lihat dalam mimpi, selalu membuatmu merasa tenang dan tenteram. Cahaya yang mengantarmu meninggalkan segala risau, resah, gundah dan juga gelisah.

Bahkan baru dalam mimpi sudah membuatmu mampu menjadi seperti itu, maka kemudian kau mencarinya di alam nyata bukan?

Kau menemukannya? Mendekatinya?


Cahaya itu, aku hampir menemukannya. Kalau definisi menemukan itu adalah memasuki, atau merasakan kehangatannya. Aku hampir sampai padanya.

Aku rasakan pendar ketenangan yang memancar daripadanya. Aku merasakan ketentraman, seperti ketika pernah dari waktu ke waktu cahaya itu datang dalam mimpiku. Tak ada yang berbeda, persis sama.

Pun dalam hal aku tak mampu untuk lebih dekat dari sekadar memandangnya. Persis sama seperti dalam mimpi yang dulu sering kuceritakan padamu. Tak ada yang berbeda.

Cahaya itu selalu mengambil jarak untuk menjauh, ketika aku berambisi berlari mendekat padanya. Pun ia mendekat, ketika aku berputus asa dan memutuskan tak lagi mencarinya.

Selalu sama seperti itu, selama berpuluh tahun aku memandangnya.

Ia mendekat ketika aku hampir melupakannya, dan ia menjauh ketika aku terlalu berambisi menemukannya.

Aku tak pernah tahu apa sebabnya, dan tak pernah kutemukan jawaban atas kejanggalan yang kurasakan.

Oh iya, bolehlah secangkir kopi sekarang. Aku bukan tak lagi minum kopi atau teh. Hanya saja tadi, aku belum merokok. Dan rasanya aneh saja kalau menyeruput kopi tanpa merokok terlebih dahulu.

Kau tahu, satu hal yang selalu kurindukan dalam perjalananku selain cahaya itu?
Kopi buatanmu.

Kopi yang kau buat sembari mengumpat ketika aku tiba-tiba datang tanpa permisi hanya untuk meminta segelas kopi.

Kurasa setelah ini aku akan pergi berjalan lagi, untuk terus mengikuti cahaya itu. Tentu saja setelah menandaskan segelas kopi dan menghabiskan sebungkus rokok yang kau suguhkan padaku.

Waktu tak pernah terasa singkat sebenarnya, bahkan segelas kopi dan sebungkus rokok bisa mengantarkan kita untuk saling berbincang sampai beberapa jengkal waktu ke depan. Dalam beberapa jengkal waktu yang manusia belum menemukan satuan untuk mengukur dan menyatakan tentang seberapa lama.

Bukan tentang detik, menit, jam, hari, minggu, bulan, atau tahun. Tetapi tentang bagaimana kita bisa melipat waktu, dan mengantonginya dalam kehidupan kita, kemudian membawanya kemana saja sesuka hati kita.

Itu saja.

6 Comments

  1. The cleansing business performs cleaning of spaces of different dimensions and setups.

    The firm’s experts supply cleaning with the help of contemporary innovations, have special tools, as well as additionally have actually accredited cleaning agents in their toolbox. Along with the above benefits, glass of wines provide: beneficial prices; cleansing quickly; excellent quality results; more than 100 favorable testimonials. Cleansing workplaces will certainly aid maintain your office in order for the most productive job. Any business is exceptionally important atmosphere in the group. Cleaning solutions that can be gotten cheaply now can assist to organize it and also give a comfortable area for labor.

    If necessary, we leave cleaning the kitchen 2-3 hrs after positioning the order. You get cleaning asap.

    We supply expert maid service cost for exclusive customers. Utilizing European equipment and also accredited tools, we attain maximum results and also supply cleansing in a short time.

    We provide price cuts for those that make use of the solution for the first time, along with desirable terms of cooperation for regular customers.

    Our friendly group offers you to obtain accustomed with beneficial terms of teamwork for business clients. We sensibly approach our activities, tidy making use of expert cleaning products and specific devices. Our staff members are educated, have medical books and also recognize with the nuances of eliminating facility and hard-to-remove dirt from surface areas.

    We provide high-quality cleansing for large business and tiny companies of numerous directions, with a discount of approximately 25%.

  2. Bounce rate.
    Network traffic to boost ranks and exposure.

    NEW! Now you can choose the Country you want the traffic to come from, as well.

    Supercharge Your SEO And Boost Your Alexa Ranking with 1 Million unique Visitors Traffic sent Within 1 Month. Available only Here. Cheapest Offer On the Internet And Exclusively Available on Monkey Digital

    Read More details about our great offer:
    https://monkeydigital.co/product/network-traffic-offer/

    Thanks and regards
    Mike
    Monkey Digital
    monkeydigital.co@gmail.com

  3. Представим, вы собственник нового интернет-сайта, который имеет приятный современный дизайн, удобную навигацию и нужную для гостей рекламную информацию. Но до сих пор нет гостей на вебсайте. Что делать? Если у вас есть собственный бизнес мы поможем вам создать облачный сервис. Не секрет, ни одно действительное либо виртуальное предприятие не может продвигаться самостоятельно. Любой торговой компании надлежит поддержка в приобретении известности, а во Всемирной паутине без нее категорически не быть из-за яростной конкуренции.Мы занимаемся разработкой лендинга. Сотрудники нашей компании готовы запустить полновесный любой проект в течение 10 дней. Выключая предоставления полных online-проектов, мы оказываем обслуживание по технической подмоги: уместное продление хостинга и нового домена, добавление контента на сайт, размещения известий. Наши услуги несомненно помогут вам стать фаворитом на горизонтах всемирной паутины.

    продвижение сайта в сша

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *