TIPS AKHIR TAHUN, BAGI OPERATOR DAN PENGELOLA ANGGARAN

senjata yang lebih berbahaya dari senapan dan peluru.

Pada setiap akhir tahun anggaran, operator aplikasi pelaporan keuangan dan anggaran kelas kambing sembelihan satuan kerja madrasah selalu dibuat kelimpungan. Kelimpungan yang disebabkan oleh pihak lain, terlebih oleh diri sendiri.

Namun alih-alih menyalahkan siapapun dan pihak manapun, lebih baik berusaha bagaimana agar tetap sehat di akhir tahun yang laknat nikmat, bukan?
Tak jauh beda dengan akhir tahun anggaran kali ini, berbagai grup Whatsapp yang kebetulan saya berada didalamnya, terutama grup yang berkait dengan anggaran dan pelaporan keuangan, ramai bukan main bersaing dengan ramainya debat siapa yang paling cocok menjadi presiden Indonesia Tahun 2119.

Banyak dari kawan-kawan saya kolega operator maupun pengelola anggaran, pada tahun ini gelisah karena terlambat datang bulan mendapat revisi anggaran, sedangkan batas waktu pengajuan SPM pada kantor KPPN setempat juga berbatas waktu. Lebih gelisah lagi dan berpotensi menimbulkan eksodus permintaan mutasi, karena anggaran revisi yang ditunggu, ternyata tak sesuai draft yang diajukan. Banyak selisih dan pergeseran nominal pada mata anggaran yang tidak semestinya. Percayalah, jika gelisah sudah merambah pada naik turun tensi, asam urat, dan kolesterol, maka akan banyak operator yang mengajukan resign dari jenis pekerjaan yang diampunya.

Tetapi sekali lagi, alih-alih menyalahkan keadaan, diri sendiri, atau bahkan pihak lain, akan lebih baik jika menguatkan diri sendiri agar kuat menghadapi monster jahat yang keluar dari dalam laut dan gunung berapi dinamika akhir tahun anggaran. Fisik maupun psikis harus sehat sedemikian rupa agar mobilitas untuk menyelesaikan banyak pekerjaan bisa terakomodir, dan konsultasi serta hubungan kerja dengan pihak lain dapat terealisasi. Sebagai catatan, banyak kawan-kawan, kolega saya, yang mengampu sekian jenis pekerjaan sekaligus, yang terkadang tidak sesuai dengan deskripsi kerja-nya. Sayangnya, pegawai borongan semacam itu tak mendapat reward yang layak, bahkan terkadang digunjing, atau dicaci maki.

Tetapi tenang, tak ada masalah yang tak bisa diselesaikan. Pegadaian saja bisa menyelesaikan masalah tanpa masalah, apalagi kita. Ya to?

Berikut saya sampaikan tips untuk anda operator dan pengelola anggaran. Tips agar tetap bugar, sehat dan bersemangat.

  1. Tenang

Tenang adalah kuntji.
Kunci setiap gerak yang tepat dan dinamis adalah ketenangan. Jangan grusa-grusu, jangan pula mudah panik dan terpancing menaikkan tensi dan asam urat. Tenang dan fokus pada pekerjaan dari satuan kerja kita sendiri. Sementara, acuhkan saja jika banyak dari kolega kita dari satuan kerja lain sudah menyelesaikan pekerjaan mereka. Tentu ada sebab dan alasan yang melatarbelakangi kenapa pekerjaan mereka sudah selesai, dan pekerjaan kita masih terbengkelai. Sadari dan pahami hal itu. Mungkin kawan atau kolega kita itu adalah Superman yang sedang menyamar, sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Atau malah sebaliknya, kita sebenarnya hanya sedang nge-voor saja pada mereka yang sok cepat bekerja itu. Kita biarkan mereka unggul dan selesai lebih cepat, nanti kita libas di tikungan terakhir. Dengan catatan kalau tidak kepleset dan terjatuh.

Ingat sekali lagi, TENANG adalah KUNTJI.

2. Olahraga

Tentu anda harus tetap berolahraga.
Boleh saja anda sudah memiliki modal ketenangan dan berpikir dan bersikap menghadapi pekerjaan yang menumpuk. Tetapi tanpa kondisi tubuh yang fit dan bugar, ketenangan hanya akan menjadi kesia-siaan belaka.

Maka, berolahraga adalah lubang kunci, ketika ketenangan adalah kunci.
Dengan perpaduan ketenangan serta tubuh sehat yang didapat dengan berolahraga, maka akhir tahun bukanlah momok yang menakutkan. Ya tapi berolahraga yang ringan saja, jangan terlampau berat. Bukannya akan mendukung tubuh sehat untuk bekerja dengan nikmat, bisa-bisa anda terserang nyeri encok atau bahkan typus.

Ingat, berolahraga secukupnya dan seperlunya. Jangan sampai berlebihan.

3. Jangan merasa sendiri

Jangan pernah merasa sendirian menghadapi akhir tahun anggaran. Sendirian dalam konteks banyaknya masalah serta pekerjaan, bukan sendirian dalam arti harfiah karena belum mempunyai buku nikah. Jangan mudah baper dong, ah.

Ingat, bukan hanya anda sendiri yang sedang dihadapkan pada berbagai persoalan berkait pekerjaan pada akhir tahun. Jika anda merasa paling nelangsa berkait revisi anggaran yang tidak sesuai pengajuan, maka ingatlah pada masa ketika bahkan tidak ada kuasa untuk mengajukan revisi anggaran. Ingat juga bahwa bukan hanya anda sendiri operator dan pengelola anggaran di berbagai institusi pemerintah negeri ini.

Tetapi kalau anda masih memaksa merasa sendirian dan paling nelangsa, maka saya sarankan untk segera saja pindah menjadi warga binaan Ratu Elizabeth II. Disana ada Kementerian Urusan Warga Kesepian. Menteri atau kementerian yang khusus diangkat serta dibentuk untuk mengurusi makhluk-makhluk astral yang merasa paling nelangsa berkait dengan sepi dan kesendirian.

4. Misuh

Ini hal terbaik yang bisa saya sarankan untuk anda. Misuh, atau mengumpat.
Eiiittsssss, dosa!!! Tak boleh tak boleh.

Iya poooo?
Yang ga boleh itu misuhi, mengumpat yang ditujukan untuk orang lain.

Bahkan, menurut penelitian, mengumpat atau misuh mempunyai beberapa manfaat, dan merupakan suatu penanda tingkat kecerdasan seseorang.

Penelitian dari Marist College dan Massachusetts College of Liberal Arts membuktikan hal yang demikian. Silahkan untuk diperdebatkan, tetapi :
“Orang yang mempunyai perbendaharaan kata yang banyak, ternyata mempunyai koleksi umpatan yang banyak pula,” ujar Timothy Jay, Ph.D. yang melakukan penelitian itu, seperti dikutip dari EliteDaily.


Lebih lanjut sang peneliti mengungkapkan bahwa menguasai berbagai macam kata-kata umpatan merupakan penanda kecerdasan seseorang. Karena itu, tahu dan bisa menggunakan umpatan dengan benar menunjukkan kemampuan intelektual seseorang.

Lebih lanjut, silahkan baca di tautan berikut

https://beritagar.id/artikel/gaya-hidup/suka-mengumpat-menandakan-orang-cerdas

Semoga mulai saat ini anda sadar, bahwa misuh itu banyak manfaat serta kegunaannya. Tetapi ya tentu saja dengan berbagai syarat dan ketentuan agar pisuhan anda tidak salah sasaran. Pilihlah tempat dan waktu yang sesuai. Jangan sampai anda sudah bersemangat misuh sekeras-kerasnya, tetapi anda tidak menyadari kalau misuh-misuh di perempatan jalan yang banyak orang, dan sedang ada polisi juga yang berjaga. Alih-alih lega, anda malah akan mendapat bonus berupa ciuman gagang revolver di kening.

Carilah tempat sepi, pinggir pantai misalnya, atau lereng gunung dekat jurang, atau kalau tidak ya sembari naik motor dengan agak kencang. Berteriaklah sepuasnya dengan konten isi berupa pisuhan. Silahkan pakai pisuhan yang akrab atau familiar dengan hati dan pikiran anda. Pisuhan yang sudah otomatis atau ter-default lah.
Misalnya saja kalau yang cukup umum ya asu, bajingan, djancok, djangkrik.
Kalau misuh yang organik ya misalnya kobis, wortel, kentang, kacang, telo, lencak, terong.
Kalau misuh yang berkonten syar’i misalnya ya Bahaarrr bin Smitthhhh, Jonruuuuuuu, Pelix Syaaawwwwww, dkk.

Silahkan pilih jenis kata dan pisuhan yang sesuai hati nurani anda, sesuai dengan kemampuan lidah anda melafalkannya.

Jelas ya? Jangan ragu untuk misuh, asal jangan sampai misuhi.

5. Jangan terlalu serius

Terakhir, jangan terlampau serius menyikapi akhir tahun anggaran yang berulang seperti ini. Serius, jangan dipikirkan terlalu serius.

Dunia ini hanya sementara, apalagi tahun anggaran dan pelaporan keuangan, semua fana belaka. Percayalah.

Latest posts by Anang Aji Guritna (see all)

3 Comments

  1. Thank you for each of your hard work on this web page. My aunt really likes going through investigations and it’s really obvious why. Most of us learn all of the lively method you offer practical strategies through this web site and even increase participation from some other people on the issue so our favorite girl is in fact learning a lot of things. Take advantage of the rest of the year. You are always doing a really good job.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.